EKSPRESI HATI KULIAH DARING
Rp. 65.000
Overview :
Pembelajaran daring sebagai perubahan sosial secara konsep William Ogburn merupakan perubahan pada unsur material yang berpengaruh besar pada unsur-unsur immaterial. Smartphone sebagai teknologi merupakan unsur material yang dapat digunakan mahamahasiswa untuk pembelajaran daring mata pelajaran sosiologi. Sedangkan cara dan perilaku mahasiswa dalam menyesuaikan teknologi tersebut merupakan unsur immaterial. Realita yang terjadi mahasiswa mengalami kondisi cultural lag dalam menyesuaikan perkembangan teknologi dalam pembelajjaran daring. Tuntutan perubahan secara cepat pada pendidikan yang mengharuskan pembelajaran daring dengan memanfaatkan teknologi informasi sangat berpengaruh sekali dalam pembelajaran sosiologi sebagai mata pelajaran yang diampu oleh peneliti. Karena daring penuh dalam pembelajaran sosiologi mahasiswa sulit untuk dikondisikan. Dimana sebelumnya peneliti sebagi dosen sudah berusaha mencoba menggunakan teknik blanded learning menghadapi tuntutan kompetensi abad 21 dengan menggabungkan pembelajaran tatap muka di kelas dan evaluasi secara online baik menggunakan quizizz, google form, maupun socrative. Itupun masih banyak terkendala mahasiswa yang tidak mengerjakan secara maksimal meskipun didampingi dan diawasi dosen di kelas. Ketika pembelajaran daring penuh sudah jelas banyak permasalahan yang muncul mulai dari presensi mahamahasiswa yang hanya rata-rata 50%, penggunaan aplikasi pembelejaran online yang tidak bisa maksimal, sampai evaluasi pembelajaran yang sulit dilaksanakan.