EKSTRAK OPINI REVIEW HOTEL DENGAN ALGORITME NAIVE BAYES CLASSIFIER DAN PENDEKATAN LEXICON BASED
Rp. 65.000
Overview :
Wisatawan atau masyarakat saat melakukan pemesanan hotel seringkali mengalami kesulitan dalam menentukan hotel mana yang akan dipilih. Traveloka merupakan salah satu situs pemesanan hotel yang memiliki berbagai fitur bagi pengunjung dalam menentukan hotel yang akan dipilih. Salah satu fitur tersebut adalah ulasan yang menampilkan berbagai komentar pengunjung tentang suatu hotel. Akan tetapi semakin banyak komentar tentang suatu hotel maka pengunjung membutuhkan waktu yang lama untuk membaca dan memilih hotel yang diinginkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibutuhkan sebuah sistem analisis sentimen yang dapat mengolah sejumlah komentar untuk memperoleh informasi yang bermanfaat bagi pengunjung Sistem analisis sentimen yang dibangun memiliki tujuan untuk membuat model sentimen review hotel. Selain itu hasil analisis sentimen akan digunakan untuk menentukan opini suatu hotel. Proses analisis sentimen akan dilakukan dengan menggunakan algoritme Naive Bayes Classifier sedangkan proses penentuan opini berdasarkan hasil analisis sentimen menggunakan pendekatan Lexicon Based dan Support Vector Machine sebagai metode pembanding.