STRATEGI BERSAING BERBASIS INDIGENOUS PRODUCT CREATIVITY
Rp. 65.000
Overview :
Buku ini membahas berbagai hasil penelitian tentang strategi bisnis produk ekonomi kreatif lokal berbasis indigenous product creativity terbagi menjadi lima bagian. Buku ini membahas strategi bisnis berbasis indigenous product creativity dari berbagai jenis produk lokal daerah, yaitu kerajinan anyaman dan tenun limbah lidi sawit, kerajinan kain tenun melayu, makanan khas daerah. Setiap organisasi bisnis mulai dari sektor industri kecil hingga besar untuk dapat bersaing diharapkan memiliki sumber daya yang berbeda dari yang dimilliki pesaing. Contohnya kemampuan pengetahuan dan ketrampilan yang berbeda. Dengan perbedaan itu maka akan muncul strategi yang berbeda pula dan tentu saja hasil yang berbeda. Jika perusahaan memiliki sumber daya yang sama dengan pesaing maka perusahaan akan sulit memiliki strategi yang berbeda untuk tampil berbeda. Strategi yang berbeda dapat dilakukan dengan memiliki kumpulan sumber daya yang berbeda dengan pesaing untuk saling mengalahkan agar lebih unggul. Perusahaan lain hanya mungkin mengikuti tapi tidak akan ada keunggulan kompetitif yang diraihnya. Heterogenitas sumber daya yang dimiliki akan semakin tinggi jika mengkedepankan potensi sumber daya lokal yang berbasis indigenous product creativity sehingga memiliki nilai kekhasan dan nilai tambah yang berbeda daripada pesaing.